Skripsi
ANALISIS PENYEBAB TERBAKARNYA SCAVINGE AIR PADA MAIN ENGINE DI KAPAL MT SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II
XML
Alat transportasi yang beroperasi di lautan lepas ini memiliki fungsi utama yakni mengangkut baik penumpang maupun barang-barang tertentu. Kapal tanker digunakan untuk mengangkut barang seperti cairan, minyak, serta jenis likuid tertentu bahkan gas sekalipun. Dalam operasinya, main engine memiliki sistem pendukung seperti scaving air. Scaving air merupakan bagian dari sistem yang berfungsi sebagai tabung penyimpanan udara bilas. Udara bilas ini kemudian akan dihisap oleh piston ke dalam ruang pembakaran untuk mendukung proses kerja mesin. Masalah yang terjadi pada kapal MT Sultan Mahmud Badaruddin II yaitu terbakarnya scaving air yang diketahui ketika melakukan perjalanan dan diharuskan untuk berhenti saat itu juga , terbakarnya scaving air di sebabkan oleh kebocoran kompresi dan proses pembakaran yang terjadi akibat kerusakan pada seatting inlet valve suatu komponen di cylinder head main engine, udara dan gas
dengan temperature yang tinggi lolos kedalam scavinge air yang mengakibatkan pemicu kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi terjadinya kebakaran scaving air di kapal MT. Sultan Mahmud Badaruddin II. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan kebakaran adalah kerusakan pada seatting inlet valve dan kotornya scaving di sebabkan karena kurangnya perawatan pada scaving air oleh kru kapal. Upaya yang dilakukan adalah menggantinya dengan cylinder head set yang sudah disiapkan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MUHAMMAD FAIZAL KAMAL - Personal Name
|
Student ID |
20.56.2065
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
36306
|
Edisi |
Published
|
Departement |
DIV TRPK
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Politeknik Bumi Akpelni : Semarang., 2025 |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Politeknik Bumi Akpelni
|
Doi |