Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESALAHAN DOCUMENT LOADING TERHADAP PROSES PEMUATAN OLEH AGENT ON BOARD DI PT. IDT TRANS AGENCY CABANG SUNGAI DANAU
XML
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas keagenan terhadap crew kapal dalam proses pemuatan batu bara dan penyebab terjadinya kesalahan dalam pembuatan document loading oleh Agent On Board dalam pelayanan keagenan di PT. IDT Trans Agency Cabang Sungai Danau. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya ketelitian agent on board dalam pembuatan document loading menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengetikan atau salah input data dan lupa dalam mengganti document loading kapal kapal
sebelumnya dengan draft bill of lading yang baru. Saat proses finishing document agent on board dan kapten kapal lebih fokus mengecek dan meneliti sertifikat-sertifikat dan dokumen kapal yang dinilai lebih penting dan berharga, sehingga document loading kerap diabaikan dan tidak dilakukan pengecekan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesalahan pembuatan document loading adalah melakukan pengecekan document loading sebelum dan sesudah ditandatangani, pengecekan secara berkala dapat meminimalisir adanya kesalahan pada document loading, dan berusaha berhati-hati dan teliti dalam pembuatan document loading agar kesalahan dalam pembuatan document loading dapat dihindari.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADITYA BRAHMA YUDANTARA - Pengarang Utama
|
Student ID |
19.55.4005
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
39303
|
Edisi | |
Departement |
DIV TRANSPORTASI LAUT
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Politeknik Bumi Akpelni : Semarang., 2023 |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Politeknik Bumi Akpelni
|
Doi |