PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA VENDOR DI PT. PERTAMINA MARINE SOLUTIONS

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA VENDOR DI PT. PERTAMINA MARINE SOLUTIONS

XML


Industri pelayaran maritim Indonesia merupakan industri berkembang yang semakin pintar, sadar biaya dan lebih kompetitif. Persaingan kompetitif ini dapat diamati tidak hanya pada transportasi laut domestik tetapi juga pada transportasi laut internasional. Selain itu, di tengah persaingan yang semakin ketat saat ini PT.Pertamina Marine Solutions dengan modal yang cukup dan strategi penetrasi harga. PT. Pertamina Marine Solutions mewajibkan pemasok untuk mempercepat distribusi logistik ke kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari harga dan pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa pada vendor di PT. Pertamina Marine Solutions serta mengetahui bagaimana penetapan
harga dan pelayanan yang diberikan vendor guna mempengaruhi keputusan PT. Pertamina Marine Solutions dalam memilih jasa. Pada penelitian ini,
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang diperoleh dari PT. Pertamina Marine Solutions. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang didapat dalam penelitian ini, adalah penerapan dari pemilihan vendor PT. Pertamina Marine Solutionstelah menunjukkan adanya profitabilitas harga serta signifikansi harga yang diterima oleh PT. Pertamina Marine Solutionsdari vendor terpilih. Pengaruh signifikan pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa adalah dengan bentuk pelayanan vendor atas empat indicator yaitu, pelayanan tangibles, pelayanan reliability, pelayanan responsiveness, dan pelayanan assurance. Sedangkan terkait dengan pengaruh harga dan pelayanan yang diberikan terhadap keputusan penggunaan jasa adalah
hasil dari kesesuaian terhadap harga dari budget PT Pertamina Marine Solutions terhadap hasil tender dengan vendor serta profit atas pelayanan yang diterima dari vendor.Vendor memiliki strategi untuk menarik perusahaan agar siap berkerjasama. Seperti halnya harga dan pelayanan yang harus dimaksimalkan Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwasanya harga dan pelayanan sangat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan penggunaan jasa pada vendor di PT. Pertamina Marine Solutions.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANIDA NIAR TIAN BELLA - Pengarang Utama
Student ID
19.55.4002
Dosen Pembimbing
M AJI LUHUR PAMBUDI - Dosen Pembimbing 1
ATRIA MAHARANI - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SULIDA ERLIYANA - Penguji 1
M AJI LUHUR PAMBUDI - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
39303
Edisi
Departement
DIV TRANSPORTASI LAUT
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail