PERAWATAN ELECTRIC MOTOR PADA POMPA FIRE MONITOR DI CRANE BARGE BAYU CONSTRUCTOR

Detail Cantuman

Tugas Akhir

PERAWATAN ELECTRIC MOTOR PADA POMPA FIRE MONITOR DI CRANE BARGE BAYU CONSTRUCTOR

XML


Motor listrik adalah mesin mekanik listrik yang mana merubah energi listrik menjadi energi mekanik. Dengan kata lain, sebuah alat yang mana menghasilkan tenaga putar yang diketahui sebagai motor. Prinsip kerja utama motor listrik tergantung dari hubungan antara magnet dan sumber listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penyebab kerusakan yang parah motor lisrik.
Dalam penelitian studi kasus yang penulis lakukan di crane barge offshore bayu constructor yang kebetulan bersandar di galangan kapal Pioneer Shipyard Batam, pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan metode observasi secara langsung dan menggunakan metode studi pustaka untuk mengetahui teori yang terdapat di dalam electric motor, serta metode wawancara secara langsung dengan engineer dan electrician untuk menggali informasi yang lebih dalam lagi. Untuk menganalisa masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, yang menjadikan obyek pengamatan adalah faktor-faktor penyebab kerusakan electric motor tersebut. Oleh karena itu apabila masalah-masalah tersebut tidak dapat diatasi dengan segera maka akan menyebabkan kerusakan parah pada electric motor seperti pekerjaan rewending yang akan menyebabkan keluarnya biaya yang tinggi dan berhenti operasinya pompa fire monitor. Kemudian
diadakanlah pengamatan dan pengukuran electric motor. Dari hasil pengamatan dan pengukuran dapat dianalisa dan ditarik kesimpulan penyebab-penyebab kerusakan motor listrik.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
DEFIO RENALTA - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2008
Dosen Pembimbing
NURIMAWAN - Dosen Pembimbing 1
Penguji
PRIYANTO - Penguji 1
NURIMAWAN - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail