TERJADINYA KOROSI TERHADAP KAPAL TUG BOAT SEMAR DELAPAN DI DOCKING CITRA BAHARI SHIPYARD TEGAL)

Detail Cantuman

Tugas Akhir

TERJADINYA KOROSI TERHADAP KAPAL TUG BOAT SEMAR DELAPAN DI DOCKING CITRA BAHARI SHIPYARD TEGAL)

XML


Proteksi katodik adalah metode pengendalian laju korosi secara termodinamika dengan memperlakukan struktur logam sebagai katoda. Proteksi katodik sangat penting untuk mengurangi laju korosi pada area permukaan bawah air dari pelat lambung. Proteksi ini ditempelkan pada bagian kapal yang rentan terhadap korosi air laut, lebih tepatnya terletak di bawah garis air. Sebagian besar kerusakan pelat
konstruksi baja kapal disebabkan oleh proses korosi. Akibat dari korosi ini menimbulkan kerugian material yang cukup besar, sehingga diperlukan perlindungan untuk mencegah korosi dengan menggunakan metode katodik. Pada dasarnya, metode pengendalian korosi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu metode kinetik dan metode termodinamika. Dalam metode kinetik
pengendalian korosi. Hal ini dilakukan dengan memberikan penghalang interaksi dengan lingkungan sehingga laju korosi dapat terjadi berkurang, tetapi kecenderungan terjadinya korosi itu sendiri tidak teratasi, sehingga jika hambatan dihilangkan korosi akan terjadi lagi segera. Penerapan proteksi katodik sering dikombinasikan dengan pelapisan. Tujuannya untuk melindungi baja saat lapisannya rusak.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
HAWARI AMRULLOH - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2012
Dosen Pembimbing
HERRY WIDODO - Dosen Pembimbing 1
Penguji
PRIYANTO - Penguji 1
HERRY WIDODO - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail