Tugas Akhir
TERJADINYA KOROSI TERHADAP KAPAL TUG BOAT SEMAR DELAPAN DI DOCKING CITRA BAHARI SHIPYARD TEGAL)
XML
Proteksi katodik adalah metode pengendalian laju korosi secara termodinamika dengan memperlakukan struktur logam sebagai katoda. Proteksi katodik sangat penting untuk mengurangi laju korosi pada area permukaan bawah air dari pelat lambung. Proteksi ini ditempelkan pada bagian kapal yang rentan terhadap korosi air laut, lebih tepatnya terletak di bawah garis air. Sebagian besar kerusakan pelat
konstruksi baja kapal disebabkan oleh proses korosi. Akibat dari korosi ini menimbulkan kerugian material yang cukup besar, sehingga diperlukan perlindungan untuk mencegah korosi dengan menggunakan metode katodik. Pada dasarnya, metode pengendalian korosi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu metode kinetik dan metode termodinamika. Dalam metode kinetik
pengendalian korosi. Hal ini dilakukan dengan memberikan penghalang interaksi dengan lingkungan sehingga laju korosi dapat terjadi berkurang, tetapi kecenderungan terjadinya korosi itu sendiri tidak teratasi, sehingga jika hambatan dihilangkan korosi akan terjadi lagi segera. Penerapan proteksi katodik sering dikombinasikan dengan pelapisan. Tujuannya untuk melindungi baja saat lapisannya rusak.
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis
|
---|---|
Penulis |
HAWARI AMRULLOH - Pengarang Utama
|
Student ID |
19.55.2012
|
Dosen Pembimbing |
HERRY WIDODO - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
92042
|
Edisi | |
Departement |
DIII TEKNIKA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Politeknik Bumi Akpelni : Semarang., 2023 |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Politeknik Bumi Akpelni
|
Doi |