IDENTIFIKASI KERUSAKAN SILINDER LINER GUNA MENINGKATKAN KINERJA KAPAL KM. RISKI ABADI (Di PT Asia Makmur Rejeki Juwana)

Detail Cantuman

Tugas Akhir

IDENTIFIKASI KERUSAKAN SILINDER LINER GUNA MENINGKATKAN KINERJA KAPAL KM. RISKI ABADI (Di PT Asia Makmur Rejeki Juwana)

XML


Mesin diesel generator adalah mesin penghasil daya listrik, salah satunya cylinder liner merupakan bagian dari ruang bakar mesin diesel yang penting sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar udara dan juga alur gerak bolak-balik piston. Jika terjadi keretakan cylinder liner maka akan menyebabkan keausan pada dinding cylinder liner. Untuk mengatasinya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya keretakan dinding cylinder liner beserta cara mengatasi keretakan pada cylinder liner. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi yang
merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung objek penelitian, metode diskusi yaitu diskusi antara penulis dengan mekanik,masalah yang ada dibicarakan untuk mencari jalan pemecahannya. Metode literatur yaitu penulis mempelajari studi literatur untuk mencari ide dari penelitian terdahulu. Dalam hasil analisis, penyebab terjadinya keretakan dinding cylinder liner yaitu kurangnya minyak pelumas, suhu gas buang terlalu tinggi, alur pelumasan mengalami pembesaran ukuran. Kekentalan oli yang semakin encer serta banyaknya partikel-partikel pada oli pelumas yang disebabkan oleh gesekan komponen-komponen mesin selama mesin beroperasi mengakibatkan pelumasan mesin tidak sempurna. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data yang telah dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada silinder liner terhadap kinerja motor bantu di kapal KM. RISKI ABADI, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadinya kerusakan silinder liner disebabkan oleh kurangnya volume minyak lumas pada dinding silinder. Alur pelumasan pada dinding silinder mengalami pembesaran (over size) sehingga proses pelumasan di dalam silinder tidak merata. Kebocoran pada gasket yang mengakibatkan oli di dalam mesin diesel berkurang. Keretakan akibat dari pelumasan yang tidak merata dan meningkatnya suhu di dalam silinder (over heat) sehingga silinder liner tidak kuat menahan kompresi maka dinding silinder akan retak bahkan mengalami pecah. Keausan yang dikarenakan gesekan antara piston dan silinder liner yang tidak mendapat pelumasan secara menyeluruh.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
INDRA RAMADHAN - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2013
Dosen Pembimbing
HERRY WIDODO - Dosen Pembimbing 1
Penguji
FAJAR PUJIYANTO - Penguji 1
HERRY WIDODO - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail