Tugas Akhir
IDENTIFIKASI KERUSAKAN SILINDER LINER GUNA MENINGKATKAN KINERJA KAPAL KM. RISKI ABADI (Di PT Asia Makmur Rejeki Juwana)
XML
Mesin diesel generator adalah mesin penghasil daya listrik, salah satunya cylinder liner merupakan bagian dari ruang bakar mesin diesel yang penting sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar udara dan juga alur gerak bolak-balik piston. Jika terjadi keretakan cylinder liner maka akan menyebabkan keausan pada dinding cylinder liner. Untuk mengatasinya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya keretakan dinding cylinder liner beserta cara mengatasi keretakan pada cylinder liner. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi yang
merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung objek penelitian, metode diskusi yaitu diskusi antara penulis dengan mekanik,masalah yang ada dibicarakan untuk mencari jalan pemecahannya. Metode literatur yaitu penulis mempelajari studi literatur untuk mencari ide dari penelitian terdahulu. Dalam hasil analisis, penyebab terjadinya keretakan dinding cylinder liner yaitu kurangnya minyak pelumas, suhu gas buang terlalu tinggi, alur pelumasan mengalami pembesaran ukuran. Kekentalan oli yang semakin encer serta banyaknya partikel-partikel pada oli pelumas yang disebabkan oleh gesekan komponen-komponen mesin selama mesin beroperasi mengakibatkan pelumasan mesin tidak sempurna. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data yang telah dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada silinder liner terhadap kinerja motor bantu di kapal KM. RISKI ABADI, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadinya kerusakan silinder liner disebabkan oleh kurangnya volume minyak lumas pada dinding silinder. Alur pelumasan pada dinding silinder mengalami pembesaran (over size) sehingga proses pelumasan di dalam silinder tidak merata. Kebocoran pada gasket yang mengakibatkan oli di dalam mesin diesel berkurang. Keretakan akibat dari pelumasan yang tidak merata dan meningkatnya suhu di dalam silinder (over heat) sehingga silinder liner tidak kuat menahan kompresi maka dinding silinder akan retak bahkan mengalami pecah. Keausan yang dikarenakan gesekan antara piston dan silinder liner yang tidak mendapat pelumasan secara menyeluruh.
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis
|
---|---|
Penulis |
INDRA RAMADHAN - Pengarang Utama
|
Student ID |
19.55.2013
|
Dosen Pembimbing |
HERRY WIDODO - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
92042
|
Edisi | |
Departement |
DIII TEKNIKA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Politeknik Bumi Akpelni : Semarang., 2022 |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Politeknik Bumi Akpelni
|
Doi |