ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA SUMBATAN PADA SEWAGE TREATMENT PLANT DI PT PELINDO MARINE SERVICE KAPAL KT. BIMA 306

Detail Cantuman

Tugas Akhir

ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA SUMBATAN PADA SEWAGE TREATMENT PLANT DI PT PELINDO MARINE SERVICE KAPAL KT. BIMA 306

XML


Sewage Treatment Plant adalah suatu pesawat bantu yang dipergunakan untuk mengolah/memproses limbah kotoran agar tidak berbahaya dan mencemari lingkungan laut. Dalam Annex IV dari MARPOL 73/78 menyatakan bahwa sistem (pembuangan limbah) merupakan salah satu system yang harus ada di dalam kapal yang memiliki gross tonnage (GT) > 400 atau jika kapal dibawah 400 GT tapi
memiliki jumlah crew lebih dari 15 orang dan berlayar di perairan internasional diharuskan memiliki salah satu dari tiga sistem pembuangan limbah yang disetujui dipasang yaitu sewage treatment plant.
Metode observasi yang digunakan adalah metode SHEL, ,metode ini digunakan untuk menentukan faktor dari permasalahan suatu sistem yang berupa software (prosedur), hardware (mesin), environtment (alam), liveware (manusia). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah deskrpsitif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penyebab tidak optimalnya kinerja Sewage Treatment Plant karena tersumbatnya saluran pembuangan sehingga menyebabkan suplai udara dari blower tidak maksimal. Dampak yang ditimbulkan terhadap kelestarian lingkungan laut adalah terjadinya kekeruhan dan bau yang menyengat sehingga dapat menimbulkan penyakit terhadap biota laut maupun manusia. Upaya untuk mengatasi masalah pencemaran di laut yang berasal dari Sewage Treatment Plant dengan melaksanakan perawatan secara berencana dan berkala sesuai dengan (Plant Management System).


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
MUHAMMAD FAUZAN ARDIANSYAH - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2017
Dosen Pembimbing
EKA DARMANA - Dosen Pembimbing 1
Penguji
BUDI PURNOMO - Penguji 1
EKA DARMANA - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Published
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail