ANALISIS TERHAMBATNYA PROSES DOCKING KAPAL, DAN TERHAMBATNYA PROSES BONGKAR MUAT PADA CRANE FLOATING DOCK DI GALANGAN PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

Detail Cantuman

Tugas Akhir

ANALISIS TERHAMBATNYA PROSES DOCKING KAPAL, DAN TERHAMBATNYA PROSES BONGKAR MUAT PADA CRANE FLOATING DOCK DI GALANGAN PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

XML


Banyak perusahaan pelayaran membutuhkan galangan untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Dok apung (floating dock) merupakan konstruksi alat apung tempat untuk memperbaiki kapal. Pelaksanakan docking kapal terdapat Crane floating dock sebagai proses bongkar muat. Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan yang memperhambat proses docking
kapal, dan untuk mengetahui penyebab kerusakan yang memperhambat proses bongkar muat pada Crane Floating Dock (dok apung). Terdapat 3 metode pengumpulan data yaitu : 1) metode observasi adalah melakukan pengamatan langsung terhadap subyek penelitian, 2) metode wawancara adalah melakukan tanya jawab dengan pembimbing praktek, 3) serta metode studi pustaka yaitu referensi yang terdapat dalam buku penelitian. Menggunakan analisis data kualitatif yaitu berasal dari data-data observasi, dan wawancara. Hasil dari pembahasan adalah : 1) disebabkan oleh kerusakan pada pompa pembagi (electric valve actuators), dan terjadinya pembengkokan pada pipa penghubung. Penyelesaian masalah yaitu melakukan pemeriksaan, dan perawatan. 2) disebabkan oleh keausan pada carbon brush dynamo, dan korosi pada wire rope crane floating dock. Penyelesaian masalah yaitu melakukan pengecekan, dan perawatan. Dapat disimpulkan bahwa proses penanganan docking kapal dapat berjalan dengan lancar, dan proses bongkar muat tidak terjadi penumpukan barang yang ada didermaga.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
TAUFIQ HIDAYAT - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2071
Dosen Pembimbing
EKA DARMANA - Dosen Pembimbing 1
Penguji
BUDI PURNOMO - Penguji 1
EKA DARMANA - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Published
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail