OPTIMALISASI SISTEM PERAWATAN DAN PENYEBAB KERUSAKAN POMPA SENTRIFUGAL DI PT. INDO ACIDATAMA Tbk. KARANGANYAR

Detail Cantuman

Tugas Akhir

OPTIMALISASI SISTEM PERAWATAN DAN PENYEBAB KERUSAKAN POMPA SENTRIFUGAL DI PT. INDO ACIDATAMA Tbk. KARANGANYAR

XML


Penelitian ini dilatarbelakangi karena seringnya kerusakan pada pompa sentrifugal di PT.INDO ACIDATAMA Tbk pada proses sirkulasi pendingin, yang dapat mempengaruhi proses produksi ethanol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan pada pompa sentrifugal, penyebab kerusakan pada impeller, dan untuk mengetahui getaran yang berlebih saat pompa beroprasi.
Penelitian ini menggunakan metode observasi, studi pustaka, dan wawancara. Peneliti mengamati suatu masalah lalu mempelajari teori-teori dasar dari berbagai sumber dan mengajukan suatu pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya menjadi sumber data. Sumber data dan teori yang dipelajari kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif sehingga menjadi karya tulis ilmiah. Saat melaksanakan pengamatan selama tiga bulan ditemukan suatu permasalahan yaitu getaran yang berlebih saat pompa bekerja, kebocoran pada pompa, dan rusaknya impeller.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui perawatan dan penggunaan yang pada pompa sentrifugal tidak sesuai dan rusaknya pompa juga disebabkan ausnya bearing, perbedaan ketinggian pada kopling, rusaknya gland packing, kavitasi. Dampak kerusakan pada pompa sentrifugal menyebabkan turunnya tekanan pompa yang mempengaruhi kinerja pompa dan efisiensi pendinginan pada heat
exchanger. Penanganan yang perlu dilakukan adalah dengan lebih memperhatikan dan melaksanakan perawatan pada pompa dengan rutin.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
YUDHA NANDA BRILIAN - Pengarang Utama
Student ID
19.55.2024
Dosen Pembimbing
EKA DARMANA - Dosen Pembimbing 1
Penguji
FAJAR PUJIYANTO - Penguji 1
EKA DARMANA - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92042
Edisi
Published
Departement
DIII TEKNIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail