Tugas Akhir
OPTIMALISASI PELAYANAN KM. SEGARA ANAK 2 OLEH PT. HALMAHERA NUSANTARA LINE DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA
XML
Latar belakang dari penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah untuk mengoptimalisasi proses pelayanan keagenan kapal di perusahaan dengan menggunakan sistem layanan Inaportnet dan bagaimana cara yang dilakukan
ketika pihak Marine Inspector sering kali mengalami keterlambatan waktu ketika preoses pengecekan kelaiklautan kapal yang mengakibatkan tertundanya penerbitan SPB dan bagaimana cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia di PT. Halmahera Nusantara Line terhadap proses pengajuan Port Health
Quarantine Clearance. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan keagenan kapal tidak
selalu berjalan dengan lancar. Masih sering ditemukan kendala yang harus dihadapi. Antara lain: 1) Belum adanya sistem layanan Inaportnet di PT. Halmahera Nusantara Line. 2) Masalah kurang tepat waktunya Marine Inspector ketika proses pengecekan kelaiklautan kapal. 3) Masalah kurang pahamnya pegawai dalam proses pengajuan Port Health Quarantine Clearance. Metode penyelesaian masalah yang di dapat guna mengatasi kendala yang terjadi di PT. Halmahera Nusantara Line guna mengoptimalisasi pelayanan keagenan kapal antara lain: 1) Sebaiknya PT. Halmahera Nusantara Line menerapkan sistem layanan Inaportnet secara mandiri guna mengoptimalisasi pelayanan keagenan kapal. 2) Selalu mengkonfirmasi jadwal lebih lanjut terkait pengecekan kelaiklautan kapal guna menghindari resiko keterlambatan diterbitkannya SPB. 3) Pihak perusahaan seharusnya memberikan informasi dan sosialisasi lebih kepada pegawai terhadap proses pengajuan Port Health Quarantine Clearance. Kesimpulan yang di dapat pada penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah untuk mengoptimalisasi proses pelayanan keagenan kapal di perusahaan, sebaiknya menerapkan sistem layanan Inaportnet , untuk menghindari resiko Demurrage yang dikarenakan kurang tepat waktunya Marine Inspector ketika proses pengecekan kelaiklautan kapal, sebaiknya pegawai selalu mngkonfirmasi jadwal
lebih lanjut dengan pihak Marine Inspector terkait pengecekan kelaiklautan kapal, dan untuk meningkatkan pemahaman para pegawai dalam penerbitan Port Health Quarantine Clearance, sebaiknya pihak perusahaan memberikan sosialisasi dan informasi lebih kepada pegawai terkait proses pengajuan Port Health Quarantine
Clearance.
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis
|
---|---|
Penulis |
AMIN DHARMAWAN - Personal Name
|
Student ID |
18.54.1148
|
Dosen Pembimbing |
ENI TRI WAHYUNI - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
92403
|
Edisi |
Published
|
Departement |
DIII NAUTIKA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Politeknik Bumi Akpelni : Semarang., 2021 |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Politeknik Bumi Akpelni
|
Doi |