UPAYA PENINGKATAN PENANGANAN PUPUK CURAH DI PT. BARUNA KARYA INVESTAMA DI PELABUHAN PANJANG BANDAR LAMPUNG

Detail Cantuman

Tugas Akhir

UPAYA PENINGKATAN PENANGANAN PUPUK CURAH DI PT. BARUNA KARYA INVESTAMA DI PELABUHAN PANJANG BANDAR LAMPUNG

XML


Tujuan penyusunan kartya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui penanganan pupuk curah terutama proses kegiatan stevedoring, bagging, stacking dan delivery oleh PT. Baruna Karya Investama di pelabuhan Panjang Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Penulis melakukan pengamatan, wawancara dan studi pustaka secara rinci dan mendalam.
Dari hasil pembahasan ditemukan bahwa pada mesin MBS terdapat pupuk yang mengeras pada dinding hopper yang menyebabkan kinerja mesin MBS kurang optimal sehingga perlu dilakukan cleaning hopper, untuk meminimalisir hambatan pada proses pengantongan, maka dari itu dibutuhkan buruh yang menggedor guna memperlancar proses pengantongan pupuk in bag. Dari segi transportasi yang kurang memadai mengakibatkan pengiriman barang kurang maksimal. Proses bongkar muat dapat dilakukan dengan baik jika pelabuhan dan para pekerja dapat bekerja sama dengan baik. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa sebelum melakukan kegiatan bagging (pengantongan) menggunakan mesin MBS (machine bagging system)
hendaknya dilakukan kegiatan cleaning hopper di mesin MBS untuk membersihkan sisa-sisa pupuk yang menempel pada hopper sehingga proses pengantongan berjalan lancar, pihak-pihak terkait selalu berkoordinasi untuk mengatasi masalah mengenai muatan pupuk yang menggumpal dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pengantongan pupuk sebaiknya melakukan komunikasi dan koordinasi secara efektif, karena faktor gudang yang kurang luas serta atap gudang yang bocor.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis
Penulis
OKTAVIAN DWI PUTRA - Personal Name
Student ID
18.54.1019
Dosen Pembimbing
RETNO INDRIYATI - Dosen Pembimbing 1
Penguji
B.L. HENTRI WIDODO - Penguji 1
RETNO INDRIYATI - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
92403
Edisi
Published
Departement
DIII NAUTIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik Bumi Akpelni : Semarang.,
Subyek
No Panggil
Copyright
Politeknik Bumi Akpelni
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


Detail Cantuman


Kembali ke sebelumnya  XML Detail